Penggunaan tanda apostrof (’) untuk menunjukkan kepemilikan (possessive)

10 Jan 2010

Apa perbedaan antara kedua kalimat berikut (perhatikan penggunaan tanda apostrof).

1. The boy’s notes are on the table, dan
2. The boys’ notes are on the table

Posisi tanda apostrof (’) pada sebuah kata benda (untuk menandakan kepemilikan sesuatu) sering menimbulkan masalah bagi para pelajar bahasa Inggris, khususnya pemula. Meski demikian aturannya sangat sederhana. Sebetulnya, kita hanya perlu menentukan apakah kata benda pemilik merupakan bentuk tunggal atau jamak dan apakah berakhiran dengan -s atau tidak dalam bentuk tertulisnya.

Berikut aturan-aturannya:

  1. Jika kata benda pemilik adalah tunggal, kita selalu menambahkan “tanda apostrof + s”.
  2. Jika kata benda pemilik tidak berakhiran dengan huruf -s (dalam bentuk tertulisnya), kita selalu menambahkan “tanda apostrof + s”.
  3. Jika Kata benda pemilik adalah jamak dan berakhiran dengan huruf -s (dimana ini merupakan karakteristik umum dari kebanyakan kata benda jamak), kita hanya menambahkan “tanda apostrof”.

Berdasarkan aturan inilah kita bisa menjumpai frase seperti Jones’s books (kaidah 1), the children’s books (kaidah 2), dan bahkan boss’s books. Contoh kaidah ke-3 seperti pada boys’ books. Ini juga sebabnya mengapa kita tidak mengetahui apakah sesuatu itu milik satu atau beberapa anak (boys) misalnya, sebelum kita melihat bentuk tertulisnya.

Untuk lebih menyederhanakan, yang benar-benar harus diingat adalah kaidah nomor 3 di atas. Jika kaidah no 3 tidak berlaku, maka selalu tambahkan “tanda apostrof + s”.

(Catatan: bahasa Inggris Aerika tidak selalu mengikuti kaidah-kaidah ini)

Daftar rujukan:
- www.englishclub.com


TAGS apostrof possesive


-

Author

Follow Me