Jadikan Grammar Sebagai Teman

29 Apr 2010

Grammar atau tata bahasa adalah sistem dari sebuah bahasa. Orang-orang terkadang menyebut grammar sebagai “kaidah (rules)” dari sebuah bahasa; tetapi pada kenyataannya tidak ada bahasa yang memiliki kaidah. Jika kita menggunakan kata “kaidah”, berarti kita memaksudkan bahwa sebelum orang bisa berbicara harus ada kaidah terlebih dahulu. Tetapi bahasa tidak terjadi dengan cara seperti itu. Bahasa dimulai dengan orang-orang yagn menghasilkan bunyi yang berkembang menjadi kata, frase dan kalimat. TIdak bahasa umum yang tetap. Semua bahasa berubah dari waktu ke waktu. Apa yagn kita sebut sebagai “grammar” hanya merupakan refleksi dari sebuah bahasa pada saat tertentu.

Apakah kita perlu mengkaji grammar untuk mempelajari sebuah bahasa? Jawaban pendeknya adalah “tidak”. Sangat banyak orang di dunia yang menggunakan bahasa asli mereka tanpa mempelajari tata bahasanya. Anak-anak mulai belajar bahkan sebelum mereka mengetahui kata “grammar”. Tetapi jika Anda serius untuk mempelajari sebuah bahasa asing (yang berbeda dengan bahasa asli Anda), maka jawabannya adalah “ya”, grammar bisa membantu Anda untuk mempelajari sebuah bahasa dengan lebih cepat dan lebih efisien.” Penting untuk menganggap grammar sebagai sesuatu yang dapat membantu Anda, seperti seorang teman. Ketika Anda memahami grammar (atau sistem) dari sebuah bahasa, Anda bisa memahami banyak hal sendiri, tanpa harus bertanya kepada seorang guru atau melihat buku.

Jadi anggaplah grammar sebagai sesuatu yang baik, sesuatu yang positif, sesuatu yang bisa Anda gunakan untuk mencari jalan seperti sebuah peta. (adapted: englishclub.com)


TAGS Grammar


-

Author

Follow Me