Mengajarkan Bahasa Inggris dalam Keluarga

2 May 2010

Belajar bahasa Inggris merupakan hal yang penting bagi Anda. Tetapi bagaimana dengan keluarga Anda yang lain? Apakah saudara-saudara Anda belajar bahasa Inggris? Bagaimana dengan orang-tua atau kerabat lainnya? Jika Anda adalah orang tua dalam rumah tangga, apakah Anda mengajarkan bahasa Inggris kepada bayi dan anak-anak Anda?

Jangan mengabaikan generasi-generasi tua dalam keluarga Anda. Orang sering berasumsi bawha orang yang sudah tua tidak ingin lagi mempelajari hal-hal yagn baru. Ini merupakan sebuah mitos. Banyak orang yang sudah tua tahu tentang pentingnya mempelajari sesuatu yagn baru setiap hari. Mereka akan senang jika mengetahui bahwa belajar bahasa adalah makanan bagi otak. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris.

Mengajarkan bahasa Inggris kepada anggota keluarga merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda sendiri. Perhatikan kata-kata bijak yang terkenal ini: “I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand. Dengan mengajarkan keahlian yang telah Anda pelajari kepada seseorang Anda akan menjadi lebih lancar.

Mempelajari sesuatu yagn baru secara bersama-sama bisa menjadikan Anda lebih dekat sebagai keluarga juga. Berikut 4 tips utnuk membantu anggota-anggota keluarga berbahasa Inggris:

1. Adakan English Evening setiap pekan. Belajar selalu lebih mudah jika telah menjadi sebuah kebiasaan. Idenya bisa berupa resep masakan dalam bahasa Inggris, nonton bareng film English dengan teks terjemahan, pembacaan novel etc.

2. Membuat Sisilah Keluarga dalam Bahasa Inggris secara bersama-sama. Ini merupakan cara yang baik untuk membuat keluarga Anda tertarik dengan bahasa Inggris. Kumpulkan keluarga Anda dan katakan kepada mereka bahwa Anda harus membuat silsilah keluarga dalam bahasa Inggris. Ajari anggota-anggota keluarga Anda bagaimana cara menyebut setiap orang dalam silsilah tersebut dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu Anda mempelajari anggota keluarga mana yang tertarik dengan bahasa Inggris.

3. Menjadi Mentor Bahasa Inggris untuk Satu Anggota Keluarga. Anda bisa menjadi mentor bahasa Inggris bagi salah satu dari anggota keluarga Anda. Mungkin nenek atau sepupu. Curahkan waktu satu jam sepekan untuk orang ini. Waktu yang Anda habiskan bersama akan bermanfaat setiap menitnya.

4. Berbagi Rahasia Bahasa Inggris Favorit. Mungkin paman atau tante Anda memerlukan dorongan untuk belajar bahasa Inggris. Ketika Anda menemukan sebuah pelajaran bahasa Inggris atau video yagn bermanfaat, kirimlah kepada anggota keluarga Anda melalui email. Mungkin Anda juga bisa berbagi link-link bahasa Inggris via facebook atau jaringan-jaringan lain yagn digunakan keluarga. Dorong para anggota keluarga Anda untuk mengikuti EnglishClub. Jika anggota keluarga Anda tidak memiliki komputer, Anda bisa memanfaatkan media cetak. (adapted: edition[dot]englishclub[dot]com)


TAGS mengajar


-

Author

Follow Me