Ini alasan kita perlu belajar grammar

1 Dec 2013

Kalau teman-teman sering mencari materi bahasa Inggris di Internet mungkin pernah suatu ketika Anda kesasar atau mendapatkan email tentang 7 kaidah belajar bahasa Inggris yang dicetuskan A.J. Hoge. Yang mungkin membuat teman-teman heran adalah aturan kedua yang menyatakan “do not study grammar rules”. Kemudian Anda berpikir bagaimana mungkin?

Selanjutnya A.J. Hoge menjelaskan kenapa kita tidak seharusnya belajar kaidah grammar, dimana dia mengibaratkan seperti bayi yang belajar bahasa Inggris tanpa harus melihat buku grammar. Pernyataan A.J. Hoge ini kemudian mempengaruhi banyak orang dan mungkin tidak sedikit orang yagn benar-benar meninggalkan buku-buku grammar nya.

Saya setuju kalau grammar bisa didapatkan secara otomatis, dan kita bisa belajar bahasa tanpa mempelajari kaidah grammar secara terpisah. Akan tetapi, dalam pandangan saya paling tidak ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi agar hal tersebut berlaku. Kondisi tersebut adalah Anda harus tinggal di lingkungan yang berbahasa Inggris sehingga setiap hari Anda mendengar bahasa Inggris asli sehari-hari. Selain itu, harus ada kondisi yang “memaksa” Anda untuk menggunakan bahasa Inggris. Jika kondisi-kondisi ini tidak terpenuhi, maka untuk bisa menyusun kalimat grammar mutlak diperlukan.

Bahkan sekalipun kita belum pernah mendengarkan bahasa tertentu dari penutur aslinya, dengan bantuan grammar kita bisa menyusun kalimat yang baik dan benar.


TAGS grammar


-

Author

Follow Me